Tuesday, June 29, 2010

Mungkin suatu saat komputer anda bermasalah, Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan sama sekali di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar.

ada beberapa kemungkinan yang terjadi bila komputer kita mengalami masalah seperti itu, tapi sebelumnya check dulu apakah kabel monitor sudah menancap ke komputer anda.
 




Pertama VGA, 

Monitor tidak bisa menampilkan Dsplay karena  VGA (Display Card) rusak, Apa itu VGA card? VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. Kenapa bisa rusak? ada banyak sebab, mungkin dikarenakan pemakaian software dengan grafk tinggi secara terus-terusan pada komputer dan tidak diimbangi dengan kualitas VGA komputer itu sendiri (biasanya digunakan untuk game) maka VGA akan cepat panas dan bisa menyebabkan kerusakan, bisa juga terjadi karena ada short circuit pada motherboard sehingga menyebabkan salah satu IC/Capasitor di VGA terbakar.


nah untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan pengecekan terlebih dahulu kepada VGA, caranya, lihat dulu di motherboard apakah VGA yang terpasang adalah VGA onboard atau bukan, VGA onboard adalah VGA bawaan dari motherboard, ini adalah contohnya :


apabila VGA anda adalah bukan onboard maka cobalah untuk melepas VGA card dan gunakan VGA onboard bawaan motherboars, bila monitor sudah bisa menampilkan booting, maka jelas VGA cardnya lah yang rusak, silahkan diganti.. sedikit tambahan, jika anda menggunakan VGA card dan Motherboard anda juga menyediakan VGA on board maka pastikan kabl monitor menancap ke VGA card bukan VGA on board.

Kedua Memory,
Apabila pertama kali booting komputer mengeluarkan bunyi biiib..biiibb. dan tidak bisa masuk windows, itu berarti sudah jelas permasalahn ada pada memori, apa itu memory? Memori adalah bagian komputer yang terdiri dari IC-IC dan chip yang berfungsi sebagai tempat menyimpan ingatan atau pada komputer data.
Check memori, coba ganti sementara komputer anda dengan menggunakan memory yang tidak rusak, bila punya banyak memori coba lepas satu-satu sampai komputer tidak berbunyi biib..biib.. klo udah ketemu memory mana yang rusak, silahkan buang dengan sekeji-kejinya dan belilah yang baru.. ^_^


Ketiga Baterei CMOS, 
Klo kedua cara diatas masih blum bisa mendeteksi kerusakan komputer anda, maka coba aja ganti baterai cmos pada motherboard, apa itu baterai cmos? Baterai CMOS (disebut juga CMOS RAM atau hanya CMOS) adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan setting BIOS, dan umumnya memakai baterai kancing (Baterai bulat yang pipih, diameter dan ketebalannya bervariasi). bisa jadi baterai cmosnya yang habis.. baterai cmos terletak pada motherboard,,


Keempat Motherboard,
Klo masih belum ketemu juga ya berarti motherboard anda yang rusak.. silahkan beli yang baru.. hehe...

No comments:

Post a Comment